Sabtu, 14 April 2012

AGUSTUS DI KOTA SURABAYA


Siang itu sekitar pertengahan bulan agustus  4 tahun yang lalu Suara hp berdering cukup lama  buru-buru aku mengangkatnya, aslkum  terdengar lirih dari kejauhan…Wa’alaikum salam jawab ku,,,,,,,,ternyata seorang sahabat lama  ya hampir 10 tahun tak ada kabar….ingin  bertemu dan kangen-kangenan……ke esokan harinya aku dan sahabatku bertemu di tempat yang sudah kami sepakati, di sebuah warung kecil tempat biasa kita dulu makan…didaerah pinggiran kota metropolitan SURABAYA……  pagi itu begitu cerah di pinggiran kota Surabaya….. aku sudah berada di warung tempat kita janjian …..secangkir kopi item dan sepiring ketan aku pesen…. Tak begitu lama….dari kejauhan meluncur dengan pelan sebuah mobil  Toyota corolla butut keluaran tahun ’74 an  tak lama berhenti di samping warung…..tak lama keluarlah seseorang yang begitu aku kenal  tapi sedikit berubah dengan penampilannya…sekarang dia lebih Agamis  dengan  baju gamis dan peci yang dia kenakan…., aslkum sapa dia kepadaku….sedikit terbengong…..aku menjawab.. wa’alaikum salam sobat...suasan haru  terlihat dipagi itu….dua sahabat yg lama tak bersua…. Buru-buru dia dia menghampiri mobilnya dan keluarlah seorang wanita…..subhannallah  cantiknya wanita itu….. Cak kenalno iki bojoku,,,,,ucap sahabatku…. Dengan lembut wanita td bersuara menyebut namanya … lalu aku persilahkan sobatku dan istrinya untuk duduk….tak lupa dia memesan kopi dan ketan kesukaan kami dulu….panjang lebar kami saling bercerita  kemana saja dan apa aja yg kami lakukan selama 10 tahun ini… , endi bojomu cak , kok gak koen ajak ta…Tanya dia dengan bahasa soroboyoan yang medhok… lalu aku terdiam sambil tersenyum…lalu aku jawab…..gurong ono rek ..aku gurong ketemu jodoh ku cak….  Lalu dia bercerita tentang pertemuannya dengan istrinya yang telah dikaruniai putra dan putri…..  aku dhisek oleh bojo ku iki soko proses ta’aruf cak….   Jangan berkecil hati cak tentang  jodoh , yakinlah bahwa ALLAH telah menyiapkan scenario terbaik untuk kita dalam masalah jodoh. Tak perlu khawatir. Karena ALLAH telah berkata dalam Q.S An-Nahl ayat 72:

“Dan Allah telah menjadikan pasangan-pasangan kamu sekalian dari jenismu sendiri, lalu menjadikan anak-anak dan cucu bagi kamu dari jodoh-jodohmu.”
 
Jadi yakinlah cak Allah akan memberikan jodoh yang terbaik buat kamu,  aku hanya terdiam mendengarkan dan memahami yang ia katakana……dalam hati aku berucap…Ya Allah klo emang itu kehendak Mu berikanlah hamba seorang istri yang solehah dan slalu taat pada Agama Mu, …..,kapan dolan nang omah cak…tanya sobatku membuyarkan lamunanku… insyallah klo ada waktu cak….iseh eling omahku to…..iyo aku iseh eling cak….jawabku dalam bahasa soroboyoan, aku masih inget betul dimana rumah sabatku itu…didaerah pingiran kota pasuruan, dalam benakku  kapan aku engkau pertemukan hamba dengan jodoh hamba…tentunya jodoh yg baik   seperti yang di janjikan Allah dalam dalam Q.S An-Nuur ayat 26:

“Wanita – wanita yang keji adalah untuk laki – laki yang keji dan laki – laki yang keji adalah untuk wanita yang keji. Dan wanita – wanita yang baik adalah untuk laki – laki yang baik, dan laki – laki yang baik adalah untuk wanita – wanita yang baik (pula).

Begitulah pertemuanku dengan sobat lamaku yg begitu singkat dan memberiku inspirasi untuk lebih yakin akan jodoh, terima kasih sobat  atas semua nasehat dan ilmunya selama ini, sobatku dikenal dilingkungan nya sebagai seorang ustad dan salah satu pengurus NU ( Nahdlatul Ulama ) di kota Pasuruan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar